Saatnya Naik ke Gunung

Baru baca tulisan Pak Romi Satria Wahono tentang “Tips dan Trik Memilih Jurusan Komputer”, aq jadi pengen nulis pengalaman pribadi nih. Di tulisan Pak Romi ditekankan dalam memilih suatu jurusan, “peluang” lebih utama daripada “minat, keinginan dan potensi”. Hmmm sepertinya gak terlalu sulit buat aq menentukan jurusan mana dari kelima jurusan komputer yg akan aq pilih karena aq udah tau aplikasi nyata masing2 jurusan komputer di dunia kerja. Seperti kata ayahq dari awal aq lulus SMK kalau orang lulus sekolah itu diibaratkan seperti orang jaman dahulu yang berguru ke gunung, sebelum dinyatakan lulus oleh gurunya dia harus turun ke desa untuk menerapkan ilmunya. Entah di desa dia akan menjadi ustad, menjadi penasehat ketua adat di situ dan lain-lain.ayu

Dari situ si murid menjadi tau di kehidupan nyata itu ilmu seperti apa yg dibutuhkan. Setelah si murid memahami dan menentukan dia akan menjadi apa, baru dia akan kembali ke gunung untuk mendalami ilmu tersebut. Seperti halnya aq, sekarang aq sedang turun gunung untuk menerapkan ilmuq di dunia nyata. Aq sudah mengerti bagaimana dunia kerja sebenarnya dan aq sudah memiliki arah dan tujuan karir apa yg akan aq pilih. Dan yang pasti aq tidak akan salah arah dalam memilih jurusan seperti sebagian temen-temen yang memutuskan untuk mundur dari perkuliahan karena tidak kuat dengan pelajaran yang diberikan. Kini waktunya untuk naik ke gunung lagi mencari ilmu. Ilmu yg aq butuhkan untuk turun ke gunung lagi namun kali ini aq akan menjadi lebih ahli dalam bidang yg aq tekuni.

Ternyata gak ada masalah meskipun aq kuliah setelah beberapa tahun lulus SMK. Malah menjadikan waktu longgarq itu untuk mencari ilmu sebenar-benarnya di dunia nyata. Seperti kata Pak Ryuniza di blognya bahwa berlatih setahun masih kalah dengan bertempur sehari. Aq sudah bertempur, kini saatnya berlatih untuk memperdalam ilmu. Namun tak menutup kemungkinan jika ada kesempatan yang lebih baik aq akan memilih jurusan lain meski itu jurusan yg tidak saya senangi. Seperti kata pak Romi : “peluang” lebih utama daripada “minat, keinginan dan potensi”.

Semoga secepatnya aq bisa mewujudkan keinginanq untuk kuliah. Amin

6 Komentar (+add yours?)

  1. geblek
    Jan 02, 2009 @ 11:00:22

    semoga cepet terkabulkan

    Balas

  2. ayusa
    Jan 02, 2009 @ 15:54:07

    amin, trima kasih mas Joko

    Balas

  3. saman
    Jan 05, 2009 @ 23:37:15

    semoga lekas terwujud

    Balas

  4. Tono Batam
    Jan 08, 2009 @ 10:41:15

    moga Allah SWT… selalu memberi petunjuk bagi orang yg mau berusaha

    Balas

  5. h3ru d'bujanq
    Jan 16, 2009 @ 10:12:32

    semangat aja deh🙂

    Balas

  6. Love U ALL
    Agu 28, 2009 @ 15:07:49

    bru baca blog yg kya begene enih !!
    Lanjoedkan cinta-citamu !!
    tersanjung saia.

    @};-

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: